Mempromosikan rumah makan adalah suatu
tahapan yang cukup menantang bagi sang pemilik. Tentunya kita tidak ingin
menghambur-hamburkan uang untuk melakukan promosi yang kurang tepat sasaran.
Lalu bagaimana cara promosi rumah makan yang murah tapi tepat sasaran? Berikut
beberapa tips:
1. Mulut ke mulut atau
testimonial
Cara ini merupakan cara
tradisional yang masih terbilang efektif hingga sekarang. Cara yang paling
mudah adalah dengan mengundang atau datang ke grup arisan ibu-ibu dan berikan
contoh produk buatan anda. Berikan kemasan dan rasa terbaik dari contoh makanan
tersebut, tapi tetaplah jaga kualitas produk anda. Jangan sampai contoh yang diberikan
lebih baik dari produk yang dijual di toko.
2. Promosi melalui jejaring
sosial
Tentunya anda sudah tidak asing
lagi dengan facebook, twitter, wordpress, youtube dan lain-lain. Anda bisa
menggunakan cara ini, karena gratis dan mudah untuk dioperasikan. Anda bisa
mengupload gambar-gambar makanan di restoran anda dan jangan lupa berikan
alamat dan nomor kontak rumah makan tersebut. Rajin-rajinlah untuk memberikan
berita terbaru tentang restoran anda melalui media ini.
3. Loyalty programs
Pada artikel sebelumnya, saya
telah menulis artikel tentang loyalty program ini. Pada intinya anda memberikan
point-point pada setiap pembeli. Jika pembeli sudah mencapai suatu point
tertentu, anda bisa memberikan voucher atau diskon khusus kepada pembeli anda.
4. Up-selling
Up-selling adalah suatu cara
mempromosikan suatu produk saat pembeli sedang berinteraksi dengan penjual.
Misalnya dengan memberitahukan manfaat dari produk tertentu atau menu baru
dengan diskon tertentu. Tapi perlu kehati-hatian saat melakukan up-selling,
jangan sampai pembeli merasa dipaksa untuk membeli suatu produk.
5. Mengadakan suatu acara
Acara seperti lomba memasak,
kursus memasak secara gratis, acara ulang tahun atau acara anak lainnya. Acara
seperti ini bisa menarik pelanggan untuk datang ke rumah makan anda. Saat acara
berlangsung jangan lupa memberikan contoh-contoh makanan atau promosi-promosi
kepada pelanggan anda.
6. Email dan mobile marketing
Mintalah alamat email atau nomor
handphone pembeli jika ada, dengan ini anda bisa memberikan update-update
terbaru tentang restoran anda setiap saat kepada pembeli. Tapi jangan lupa
untuk menanyakan kepada pembeli apakah mereka bersedia untuk dihubungi melalui
email atau sms jika terdapat promosi di rumah makan anda. Karena ada juga
pembeli yang sering merasa terganggu untuk menerima promosi-promosi seperti
ini. Ditakutkan pembeli justru akan lari jika kita memaksakan cara ini kepada
mereka.
7. Blog dan video
Buatlah blog tentang rumah makan anda
melalui blog gratis seperti wordpress atau blogger. Dengan ini rumah makan anda
bisa diketahui oleh masyarakat lebih luas. Jika mungkin buatlah video tentang
rumah makan anda dan upload di jejaring sosial seperti facebook dan youtube.
Sehingga pembeli merasa tertarik untuk datang ke bisnis anda.
8. Stiker promosi di
tempat-tempat menunggu
Stiker kecil tentang restoran
kita bisa dibuat dan ditempelkan di tempat-tempat umum, terutama tempat-tempat
dimana banyak orang menunggu dan antri seperti toilet, halte dan angkutan kota.
Atau anda juga bisa memberikan stiker mobil gratis di tempat parkir yang
bertuliskan nama dan foto makanan yang disediakan di restoran anda.
Referensi: www.foodservicewarehouse.com
0 comments :
Post a Comment